Wisata di Sendang Tulungagung

Wisata di Sendang Tulungagung – Barangkali nama Tulungagung telah sering terdengar di telinga. Kota yang kerap disebut dengan kota Marmer ini berada di wilayah provinsi Jawa Timur dan berbatasan degan Samudra Hindia. Namun barangkali masih ada banyak orang yang belum tahu bahwa di Tulungagung juga terdapat wisata alam yang menarik.

Salah satu wilayah yang dikenal memiliki potensi wisata yang luarbiasa adalah Kecamatan Sendang. Sendang sendiri memang dikenal sebagai daerah pegunungan yang sangat sejuk. Berikut beberapa Wisata di Sendang Tulungagung:

1.    Lemah Wilis

Wisata di Sendang Tulungagung

Lembah wilis merupakan eduwisata yang berada di Dusun Tempel, Desa Dono, Kecamatan Sendang Tulungagung. Di tempat ini kita dapat melakukan berbagai kegiatan outbond yang sangat menyenangkan. Juga tersedia berbagai wisata kuliner seperti mie ayam hijau, kuning, serta pink yang sangat istimewa.
Juga cocok untuk berbagai acara seperti organisasi maupun sekolah. Pasti akan sangat cocok pula menjadi tempat rekreasi keluarga.

2.    Air Terjun Lawean

Wisata di Sendang Tulungagung - Lawean

Tempat wisata ini terletak di Dusun Turi, Desa Geger, Sendang, sebelah 25 km barat daya Kota Tulungagung. Air terjun ini berada di ketinggian 1200 m diayas  permukaan laut dan berada di lereng Gunung Wilis.
Agar menuju bias sampai ke lokasi air terjun tersebut, pengunjung diharuskan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 3 km. Dengan menyeberangi 9 sungai, serta melewati hijaunya perbukitan selama perjalanan. Rasa lelah akan terbayar ketika melihat kesejukan dan keindahan air terjun ini.

3.    Candi Penampihan

Wisata di Sendang Tulungagung - Candi Penampihan

Tempat wisata lain yang berada di Sendang adalah Candi Penampihan. Candi ini  bercorak  Hindu yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno dengan berlokasi di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Candi ini dibangun pada tahun 820 Saka atau 898 Masehi. Dalam Bahasa Jawa, Penampihan sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti antara penolakan serta penerimaan yang bersyarat.
Candi Penampihan ini adalah candi pemujaan dengan 3 tahapan yang dipersembahkan untuk pemujaan Dewa Siwa, yang konon peresmian candi tersebut diadakan pagelaran Wayang (ringgit).

Demikianlah ulasan mengenai Wisata di Sendang Tulungagung. Tidak ada salahnya untuk mencoba mampir di berbagai tempat wisata tersebut.

Komentar