Kuliner di Tulungagung

Kuliner di Tulungagung - Tempat wisata kuliner yang menarik dan populer di daerah Tulungagung,Provinsi Jawa Timur, banyak kita jumpai bersamaan dengan  wisata alamnya yang begitu mengagumkan. Dibalik keindahan tempat wisata alamnya, Tulungagung juga memiliki berbagai lokasi wisata kuliner yang demikian banyak. Mulai dari wisata kuliner dengan ciri khas masakan daerah Tulungagung, hinggalokasi wisata kuliner modern dengan berbagai menunyayang modern.

Dibawah  ini beberapa rekomendasilokasi wisata kuliner di daerah Tulungagung yang sangat disayangkan bila sampai anda lewatkan, terutama saat anda sedang berlibur maupun bertugas di daerah Tulungagung. Selamat liburan dan menikmati pilihan Kuliner di Tulungagung. Beberapa diantaranya yang populer adalah:

1. Mie Organik Lembah Wilis

Kuliner di Tulungagung - Mie Organik Lembah Wilis
Kita seringkali merasa khawatir ketika mengkonsumsi mie. Hal ini karena kandungan dalam mie yang terkadang ditambah dengan bahan pengawet ataupun MSG. Namun berbeda halnya bila kita mengkonsumsi mie organik yang terbuta dari berbagai bahan alami. Apakah mie organik ini ada di Tulungagung?

Mie organik ini kini memang telah hadir di Tulungagung. Tepatnya di Dusun Tempel, Desa Dono, Sendang. Mie berwarna hijau terbuat dari sawi, sedangkan mie yang berwarna pink terbuat dari buah naga, dan mie yang berwarna orange terbuat dari wortel. Pasti sangat enak dan menyehatkan bukan?

2. Ayam Lodho - Kuliner di Tulungagung

Kuliner di Tulungagung - Ayam Lodho
Lokasi wisata kuliner yang terdapat di Tulungagung nomor satu ditempati oleh Ayam Lodho Tulungagung, yang merupakan makanan tradisional Tulungagung yang begitu populer di kalangan masyarakat. Disamping menjadi menu khas, masakanayam lodho juga sering disajikan dalam berbagai kegiatan tradisional mulai dari selamatan, hajatan, syukuran dan lain sebagainya.

Menu Ayam Lodho adalah masakan yang hampir mirip dengan opor ayam, namun yang membedakannya adalah sebelum disajikan, ayamnya terlebih dahulu di panggang agar aroma enak daging ayam keluar dan rasanya tentu akan lebih lezat. Masakan ini akan terasa lengkap saat disajikan dengan ketupat,  lontong,maupun nasi putih hangat. Dengan bumbu santannya, racikan lodho mempunya citarasa khas rempah yang kuat dan pedas, yang merupakan ciri khas kuliner di Tulungagung.

3. Kepiting Sambal Ijo – Kuliner di Tulungagung


Kuliner di Tulungagung - Kepiting Sambal ijo

Masakan Kepiting Sambal Ijo adalah  salah satu kuliner khas yang ada di daerah tulungagung, lebih tepatnyaberlokasi di jl MT Haryono no 77B Tulungagung. Kepiting Sambal Ijo di restoran ini pastinya akan memanjakan lidah anda dan membuatnya ketagihan. Kepiting yang dimasak dengan resep rahasia, akan menyajikan rasa khas tanpa ada yang menandingi. Kepiting yang dimasak merupakan kepiting besar, sehingga anda dapat menyantap dengan puas dan mengenyangkan (bila tambah porsi).


3. Gulai dan Sate Kambing - Kuliner di Tulungangung


Kuliner di Tulungagung - Sate dan Gulai Kambing
Di daerah Tulungagung terdapat banyak warung sate dan gulai kambing. Yang khas adalah, Satenya ketika setelah proses memanggangnya, dicelupkan kedalam kuah gulai. Jadi rasanya begitu menggoda dan berbeda dengan sate daerah lainnya. Sate dan Gulai Kambing ini terbuat dari daging kambing yang ditusuk lembut dalam sujen dengan olesanbumbu kecap yang dicampurmerica dan ditaburi irisan bawang merah.

Itulah beberapa Kuliner di Tulungagung yang sangat layak untuk dicoba bila Anda sedang berada di Tulungagung. Jadi tunggu apalagi? segera saja datang ke Tulungagung dan nikmati kulinernya yang lezat.


Komentar